Sabtu, 20 November 2010

layer 2 (data link)

Layer 2 (data link)
Pada layer 2 (data link)komunikasi data dilakukan dengan menggunakan identitas berupa alamat simpul fisik yang disebut sebagai alamat hadware atau hadware address. Proses komunikasi antara computer atau simpul. Jaringan hanya mungkin terjadi bila dua belah pihak mengetahui identitas masing-masing melalui alamat fisik (physical address). Bentuk topologi yg digunakan ditentukan oleh protokol data link sebagai contoh adalah bus untuk teknologi ethernet, ring untuk topologi token ring ataupun teknologi FDDI, selain ketiga bentuk topologi tersebut pada komunikasi serial tedapat topologi point to point atau point to multipoint pada jaringan yg digunakan teknologi frme relay dan ATM penanganan kesalahan komunikasi yg terjadi pada lapisan data link menggunakan pendeteksian error dan menginformasikan kepada lapisan diatasnya bahwa terjadi kesalahan tranmisi. Kendali kesalahan yg dilakukan pda lapisan ini hanya mendektesi dan tidak melakukan perbaikan kesalahan (error correlection) data link akan mengubah bytes (1 byte=8 bit) yg diterima dari lapisan fisik menjadi satuan data yg disebut dengan Frame. Frame terdiri dari frame-header(identitas yg menjelaskan frame) dan data. Selain frame-header, informasi lain yg ditambahkan adalah FCS (frame check sequence), penjabaran adalah sebagai berikut :

Frame-header berisi informasi yg dibutuhkan oleh protocol data link secara umum, informasi yg terdapat dari frame –header:
1. Hardware address (MAC ADDRESS)pengirim
2. Hardware address (MAC ADDRESS) penerima
3. Flag
4. Control bits
Tekanan Ethernet,token ring,dan FDDI menggunakan 48 bit media access control (MAC) sebagai hardware address. Dari 48 bit ini, 24 bit awal ditentukan oleh standar international (IEEE)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar