Sabtu, 20 November 2010

layer 3 (network layer)

Layer 3 (network layer)
Pada lapisan ini terjadi proses pendefinisian alamat logis (logical addressing),kemudian mengombinasikan multiple data link menjadi satu internetwork. Lapisan network bertanggung jawab untuk membawa paket dari satu simpul ke simpul yg lainnya denagn mengacu kepada logical address. Fungsi lain adalah sebagai paket forwader (penerus). Lapisan network sebagai paket forwader mengantarkan paket dari sumber (source)ke tujuan (destination0yg disebut dengan istilah rouiting.
Ada dua tugas pokok lapisan network yaitu:
1. Logical addressing: pengelamatan secara logis yg ditambahkan pada header lapisan network. Pada jaringan TCP/IP pengalamatan logis ini populer dengan sebutan IP address.
2. Routing: hubungan antara jaringan yg membentuk internetwork membutuhkan metode jalur alamat agar paket dapat ditransfer dari satu device yg berasal dari jaringan satu menuju device yg lain. Pada jaringan yg lain fungsi routing didukung oleh routing protocol yaitu protokol yg bertujuan mencari jalan terbaik menuju tujuan dan tukar menukar informasi tentang topologi jaringan dengan router lainnya. Protocol routing ini misalnya border gateway protocol (bgp) open shortest path first (ospf) routing information protocol (rip)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar